Posted on

Cara Paling Efektif Membuat Landing Page

Berita Terbaru Blogging – Landing page adalah halaman atau halaman website yang biasanya dibuat khusus untuk sebuah kampanye, pemasaran atau periklanan digital. Halaman ini adalah “tempat mendarat” pertama bagi pengguna setelah mereka mengklik link di email, iklan di media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter atau situs lain. Halaman landing sedikit berbeda dengan halaman website pada umumnya yang mengarahkan pengguna untuk menjelajah, halaman landing dibuat secara khusus untuk mengarahkan pengguna agar segera melakukan tindakan melalui call to action (CTA). Berikut langkah-langkah untuk membuat landing page yang efektif.

Cara Paling Efektif Membuat Landing Page

  1. Ciptakan persona

Sebelum membuat halaman, Anda harus terlebih dahulu membuat persona pembeli. Persona pembeli B2B dan B2C memiliki perbedaan dan karakteristik masing-masing. Amati karakteristik pembeli atau target pasar Anda. Ketahui semua hal yang bersangkutan dengan buyer untuk membangun persona pembeli. Setelah itu barulah anda bisa membuat landing page yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

  1. Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan utama Anda saat membuat landing page. Jelaskan ajakan bertindak dalam bentuk mengisi formulir, mengisi survei, mendaftar uji coba gratis, mengunduh ebook gratis, membeli produk, mendaftar webinar, mengunduh kupon, mengakses uji coba gratis, atau berlangganan buletin.

  1. Menentukan Kata Kunci yang Tepat

Gunakan kata kunci atau kata kunci yang tepat saat menyusun kalimat yang Anda tulis di landing page. Menggunakan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan peringkat Anda di hasil mesin pencari sekaligus mengarahkan Anda ke laba atas investasi (ROI) yang lebih tinggi. Jadi lakukan riset kata kunci terlebih dahulu, kemudian tentukan kata kunci yang tepat dan relevan.

  1. Sertakan Headline Menarik

Jangan lupa untuk menggunakan headline yang menarik. Judul yang menarik hampir selalu menarik pengunjung untuk membaca lebih lanjut tentang informasi yang Anda tampilkan di situs Anda.

  1. Gunakan Call to Action (CTA) yang Menarik

Sertakan CTA yang menarik dalam navigasi situs web Anda. CTA dapat berupa tombol entri survei, tautan unduh ebook gratis, formulir berlangganan buletin, dan lain-lain.

  1. Menggunakan Konten Visual

Pepatah mengatakan sebuah gambar bisa mewakili 1000 kata. Oleh karena itu, jangan lupa tambahkan konten visual yang menarik agar landing page Anda efektif. Pilih gambar atau video paling menarik yang mewakili produk yang Anda tawarkan untuk ditampilkan di landing page Anda.

  1. Menghubungkan Landing page dengan Iklan

Hubungkan halaman landing Anda dengan iklan. Iklan dapat meningkatkan angka penjualan dan jumlah pengunjung ke halaman Anda. Iklan yang menarik harus diarahkan ke landing page yang tepat untuk menjangkau pelanggan. Sebaliknya, iklan bagus yang diarahkan ke landing page yang membingungkan dapat membuat audiens enggan mengambil tindakan di situs.

  1. Sertakan Bukti Sosial

Menyertakan bukti sosial atau testimoni dari banyak pelanggan sebelumnya dapat membantu prospek Anda menjadi lebih percaya diri tentang produk yang Anda tawarkan. Bukti yang diberikan orang lain kepada Anda dapat membantu menghilangkan keraguan yang mungkin dimiliki prospek Anda.

  1. Memakai Pelacakan Analytics

Tidak hanya sampai di pembuatan landing page saja, Anda harus menambahkan pelacakan analitik untuk menganalisis kinerja situs web Anda. Data analitik ini akan sangat berguna untuk mengetahui siapa pengunjung situs Anda, dari mana mereka berasal, dan bagaimana karakteristik mereka. Anda dapat menggunakan hasil analisis ini untuk meningkatkan kinerja situs web Anda. Ada beberapa alat pelacakan analitik yang biasa digunakan seperti Google Analytics, Facebook Pixel, dan lainnya.

  1. Optimasi SEO

Yang tidak kalah penting yaitu melakukan optimasi SEO pada halaman yang Anda buat. Saat melakukan optimasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu tag judul, kecepatan website, deskripsi meta, tag header, dan konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *