Posted on

Pengertian dan Jenis Iklan Online di Media Sosial

Berita Terbaru Blog – Iklan online adalah salah satu cara paling efektif bagi bisnis dari semua skala untuk menemukan pelanggan baru, dan untuk mendiversifikasi aliran pendapatan. Dengan semakin banyaknya pilihan yang tersedia, menentukan jenis iklan online yang tepat untuk digunakan bisa jadi rumit. Apalagi bagi para pemasar yang belum pernah menjalankan strategi periklanan online sebelumnya. Untuk itu, pembahasan dalam artikel ini bertujuan untuk mempermudah proses penentuan penggunaan jenis iklan online Anda. Artikel ini akan menyajikan penjelasan tentang berbagai jenis iklan online dan kelebihannya masing-masing.

Pengertian dan Jenis Iklan Online di Media Sosial

Jenis Periklanan Online

Iklan Media Sosial

Setiap bulan, ada 2,5 miliar pengguna aktif di Facebook, 1 miliar di Instagram, dan 330 juta di Twitter. Banyaknya pengguna menjadi alasan tingginya minat merek dan pemasar untuk beriklan di media sosial. Dalam kurun waktu 2019 saja, belanja iklan di media sosial mencapai $ 89 miliar, atau 13% dari total belanja iklan secara global. Menurut perkiraan, belanja iklan akan tumbuh 8,7% tahun ini, mencapai 102 miliar USD. Beriklan di media sosial memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis iklan online lainnya yaitu:

  • Ketersediaan fitur penargetan audiens yang membantu Anda menjangkau audiens target tertentu.
  • Dapat memanfaatkan berbagai format iklan yang sejalan dengan sasaran bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memilih platform media sosial untuk beriklan jika sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Di bawah ini adalah platform media sosial paling populer untuk beriklan, bersama dengan jenis pengguna dan format iklan yang tersedia.

  1. Facebook

Facebook adalah media sosial paling populer di dunia, dengan 2,7 miliar pengguna aktif per bulan. Dengan jumlah pengguna yang bahkan melebihi 30% populasi dunia, hampir bisa dipastikan ada pengguna yang cocok dengan audiens ideal bisnis Anda. Ditambah lagi, fitur penargetan audiens di Facebook memudahkan Anda menjangkau audiens ideal tersebut. Beriklan di Facebook juga memungkinkan Anda untuk memilih berbagai format iklan sesuai dengan tujuan pemasaran dan jenis audiens Anda, yaitu:

  • Iklan foto: untuk menampilkan konten gambar dari merek atau produk.
  • Iklan video: untuk menampilkan konten video dari kampanye atau produk.
  • Iklan cerita: untuk menampilkan kompilasi gambar atau video pendek.
  • Iklan utama: untuk mengumpulkan pengguna yang tertarik dengan produk Anda.
  1. Instagram

Melalui Facebook Ads Manager, Anda juga bisa beriklan di Instagram. Instagram memiliki 1 miliar pengguna aktif per bulan yang tersebar di seluruh dunia. Rata-rata pengguna media sosial yang satu ini memiliki rentang usia sekitar 18 hingga 34 tahun. Format iklan di Instagram hampir sama dengan format iklan yang ada di Facebook, yang meliputi Iklan Foto, Iklan Video, Iklan Story, dan Iklan di bagian Jelajahi.

  1. YouTube

YouTube adalah mesin pencari terbesar di dunia, setelah Google, dengan 2 miliar pengguna bulanan. Iklan yang ditampilkan di YouTube akan muncul sebelum dan saat video YouTube ditonton oleh pengguna. Beriklan di YouTube juga memungkinkan Anda menargetkan audiens sesuai dengan informasi demografis dan minat pengguna. Anda juga dapat menampilkan iklan video kepada pengguna yang telah menonton video dengan topik yang relevan dengan merek Anda.

  1. TikTok

TikTok merupakan salah satu pendatang baru di jagat media sosial yang kehadirannya tidak bisa dianggap remeh. Hingga April 2020, aplikasi video pendek populer ini telah diunduh sebanyak 2 miliar kali dari Apple App Store dan Google Play Store. Namun karena tergolong baru, opsi periklanan yang ditawarkan TikTok masih terbatas. TikTok juga tidak menyediakan posting hyperlink untuk menghubungkan penggunanya dengan situs web luar. Oleh karena itu, sebagian besar iklan di TikTok ditujukan untuk meningkatkan brand awareness.

  • Iklan Penelusuran Berbayar

Orang-orang yang melakukan pencarian online biasanya akan memilih hasil paling relevan yang mereka temukan pertama kali di halaman hasil pencarian. Memang benar, upaya menampilkan website Anda di halaman utama hasil pencarian bisa dilakukan secara organik. Dapat dikatakan bahwa iklan pencarian berbayar dapat memberikan peluang untuk menarik perhatian audiens dengan lebih terarah. Jadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana Google dapat membantu Anda menampilkan iklan kepada orang atau audiens yang tepat?

Google membantu Anda mencapai ini dengan penggunaan kata kunci. Kata kunci berguna untuk menyesuaikan maksud pencarian pencari dengan hasil pencarian yang ditampilkan. Dengan menargetkan kata kunci yang tepat, Anda dapat menayangkan iklan Anda ke audiens yang tepat berdasarkan pertanyaan yang mereka masukkan di mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *